Sunday, May 31, 2015

Pengertian Aktiva dan yang tergolong kedalam Aktiva

         Aktiva merupakan kelompok akun yang disajikan dalam neraca pada bagian sebelah kiri. Aktiva terbagi dalam kelopok aktiva lancar untuk kekayaan yang diharapkan dapat dikonsumsi atau dikonversi menjadi kas dalam waktu kurang dari 1 tahun. Aktiva yang tidak memenuhi syarat ini dikelompokkan sebagai aktiva tetap atau aktiva lain-lain

1. Kas
         Akun ini digunakan untuk mencatat dan melaporkan kekayaan perusahaan dalam bentuk uang tunai, saldo rekening koran di Bank, atau alat pembayaran lain dapat digunakan tanpa pembatasan.

2. Piutang
         Akun ini digunakan untuk mencatat dan melaporkan jumlah tagihan perusahaan kepada perusahaan lain. Jika tagihan tersebut bersumber dari penyerahan barang atau jasa berkaitan dengan perolehan pendapatan dari kegiataan utama perusahaan, maka piutang tersebut dikelompokkan sebagai piutang usaha.

3. Persediaan
         Persediaan digunakan untuk mencatat dan melaporkan kekayaan perusahaan dalam bentuk barang yang siap dijual. Jika terdapat kelompok persediaan selain persediaan untuk dijual maka persediaan dibagi dalam dua kelompok menjadi persediaan barang dagangan dan kelompok persediaan lain-lain, masing-masing mempunyai akun buku besar sendiri.

4. Pembayaran di muka
         Pembayaran di muka meliputi pembayaran-pembayaran terutama  untuk biaya, uang muka pembelian, uang muka pajak, atau pembayaran di muka lainnya. Pembayaran ini disebut pembayaran di muka karena atas pembayaran ini belum habis dikomsumsi masa manfaatnya.

5. Aktiva Tetap
         Aktiva tetap merupakan kelompok aktiva perusahaan yang mempunyai kriteria sebagai berikut:
      - Mempunyai masa manfaat, atau umur ekonomi lebih dari 1 tahun.
      - Dimiliki dengan tujuan untuk digunakan dalam membantu aktiva perusahaan.
      - Fisik barangnya dapat dilihat atau diraba.
      - Biasanya mempunyai nilai perolehan yang relatif besar.

6. Aktiva lain-lain
         Digunakan untuk mencatat dan melaporkan aktiva perusahaan yang memiliki umur lebih dari 1 tahun, tetapi tidak sepehnya memenuhi syarat seperti aktiva tetap berwujud.

No comments:

Post a Comment