Monday, June 1, 2015

Ekuitas / Modal Pemilik Dalam Suatu Perusahan 

Modal Pemilik
        Dalam perusahaan perorangan modal merupakan kepemilikan perorangan atas perusahaan yang bersangkutan. Ekuitas ini merupakan akumulasi kekayaan bersih pemilik selama perusahaan menjalankan operasinya.
Kekayaan bersih tersebut merupakan akumulasi model yang bersumber dari setoran pemilik dan akumulasi laba rugi tahunan setelah dikurangi pengambilan pribadi.

Modal Saham
        Dalam perusahaan yang terbentuk perseroan terbatas unsur utama ekuitas adalah modal yang terbagi dalam bentuk saham- saham. Pemiliknya biasa lebih dari satu orang dan ditandai dengan pemilikan sejumlah saham.

Saldo Laba
        Selain modal saham juga terdapat akun saldo laba untuk mencatat dan melaporkan akumulasi laba rugi selama masa operasi perusahaan setelah dikurangi dividen untuk perusahaan yang berbadan hukum Perseoran Terbatas (PT). Akun saldo aba tidak dapat digabung dengan modal saham dalam satu akun karena modal saham harus dicatat dan dilaporkan sebesar nilai nominalnya seperti yang tertulis dalam surat saham.

Akun Ekuitas Lainnya
        Salain modal saham dan saldo laba, atau modal pemilik dalam kelompok ekuitas juga sering terdapat akun selisih revaluasi. Akun ini digunakan untuk mencatat dan melaporkan nilai kenaikan aktiva karena aktiva perusahaan dinlai kembali. Selisih tersebut mucul karena perubahaan harg pasar aktiva dari saat pembelian sampai dengan saat penilaian kembali. Dalam perusahaan yang menerbitkan saham jumlah modalnya dapat dipengaruhi oleh agio dan disagio saham. 

No comments:

Post a Comment