Thursday, June 4, 2015

  Macam-Macam Laporan Laba Rugi beserta contohnya

       Laporan Laba Rugi merupakan sebuah laporan yang menyajikan informasi tentang pendapatan, beban, dan laba atau rugi yang diperoleh dari sebuah perusahaan selama satu periode waktu tertentu. Misalnya: Periode 1 bulanan, 3 bulanan, 6 bulanan atau 1 tahun penuh.

       Laporan Laba Rugi dapat disajikan dengan bentuk Multi Step. Dalam laporan Laba Rugi seperti ini pendapatan dikelompokkan atas pendapatan utama dan pendapatan lain-lain secar terpisah. Demikian juga biaya disajikan dari biaya operasional dan biaya yang tidak berasal dari kegiataan utama perusahaan atau Non-Operasional. 

       Laporan ini menghasilkan informasi tentang Laba Bruto, Laba Usaha, Laba sebelum pajak dan Laba bersih secara bertahap. Sebagai ilustrasi berikut ini disajikan contoh Laporan Laba Rugi Muti Step:




       Laporan Laba Rugi dapat juga disajikan dengan bentuk Single Step (satu langkah). Laporan ini hanya menghasilkan satu informasi laba bersih yang berasal  dari hasil pengurangan semua pendapatan dan semua biaya melalui satu kali pengurangan.

       Dalam Laporan Laba Rugi seperti ini pendapatan utama dan pendapatan lain- lain dijumlahkan sekaligus dalam satu kelompok. Demikian juga biaya disajikan dalam satu kali penjumlahan untuk kelompok biaya operasional dan biaya yang tidak berasal dari kegiataan utama perusahaan atau Non-Operasional.

       Laporan ini tidak menghasilkan informasi tentang Laba Bruto, Laba Usaha, Laba sebelum pajak, dan Laba bersih secara bertahap. Sebagai ilustrasi contoh Laporan Laba Rugi Single Step:




No comments:

Post a Comment