Monday, June 8, 2015

PENDAPATAN DAN BEBAN DALAM MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN

       Pendapatan dan beban merupakan dua akun utama dalam Laporan Laba Rugi perusahaan. Pendapatan merupakan sumber dana , sementara beban merupakan objek pembiayaan yang menyebabkan pengeluaran kas atau pengorbanan aktiva lainnya atau timbulnya utang baru.

Pendapatan
      
        Dalam Laporan Laba Rugi terdapat dua kelompok pendapatan yang terdiri dari: Pendapatan utama dan pendapatan lain-lain. Pendaptan lain-lain  berasal dari pendapatan yang tidak merupakan kegiataan utama perusahaan. Misalnya: Pendapatan bunga bagi perusahaan perdagangan. Selain itu, juga ada beberapa kakus terdapat pendapatan dan kerugian dari pos luar biasa.


       Secara konseptual pendapatan dapat diartikan sebagai aliran masuk aktiva atau pengurangan utang yang diperoleh dari hasil penyerahan barang/ jasa kepada para pelanggan.Termasuk aktiva dalam kompleks ini dapat berupa kas, piutang, aktiva tetap atau aktiva lain-lain. Dalam praktiknya, pendapatan sering berupa penerimaan kas atau timbulnya tagihan (piutang) kepada pelanggan sebagai akibat menjual barang atau menyerahkan jasa tertentu kepada pelanggan. Dalam akuntansi pendapatan tidak selalu sama dengan laba.

Beban
       
       Sebagaimana pendapatan, beban juga dapat dikelompokkan tiga kategori besar tersebut. Dalam perusahaan jasa terdapat kelompok biaya usaha, biaya lain-lain, dan pos biasa untuk mencatat kerugian yang terjadi dengan cara yang tidak diduga dan bahkan perusahaan tidak menginginkan terjadinya.

No comments:

Post a Comment