Sunday, May 24, 2015

ETIKA PROFESI AKUNTAN

       Seseorang yang menjadi Akuntan, baik itu Akuntan Publik, Akuntan Pemerintah, Akuntansi Manajemen, maupun Akuntan Pendidikan harus mempunyai etika dalam profesi mereka masing-masing. Karena dengan adanya etika hubungan antara Pimpinan dan Akuntans dapat berjalan dengan baik. Namun, tidak hanya dengan Akuntan saja maupun dengan bawahannya dapat terjalinnya komunikasi dengan baik. 

       Secara umum etika meliputi standar nilai benar atau salah yang berlaku dalam suatu kelompok masyarakat. Etika berhubungan dengan jenis prilaku yang dianggap benar atau salah dala masyarakaat. Etika akuntansi berhubungan dengan standar perilaku sosial dan juga standar yang berhubungan dengan perilaku yang secara spesifik berhubungan dengan profesi.

       Kebenaran etika sedikit berbeda dengan keberadaan hukum karenaetika umumnya tidak tertulis tetapi menjadi pedoman bertindak bagi kelompok masyarakat yang menganut etika tersebut. Etika mempuyai sanksi moral dan cenderung tidang mempunyai sanksi formal.

       Ikatan Akuntansi Indonesia mempunyai kode etik yang mengatur tentang prinsip etika akuntan, aturan etika akuntan, dan interprestasi aturan etika akuntan.

No comments:

Post a Comment