Thursday, May 21, 2015

PENGERTIAN KEBIJAKAN AKUNTANSI

      Kebijakan akuntansi merupakan pilihan prosedur dan metode akuntansi yang diterapkan oleh sebuah organisasi dengan merujuk pada konsep dasar, asumsi, prinsip dan standar akuntansi yang diterima umum. Sebagai ilustrasi berikut ini beberapa contoh sederhana kebijakan akuntansi  yang diterapakan dalam penyajian Laporan Keuangan:

1. Kas dan setara kas. 
        Kas dan setara kas meliputi kas ditangan dan saldo rekening koran di bank. Saldo kas dalam mata uang asing pada tanggal neraca dikonversi ke dalam mata uang rupiah dengan menggunakan kurs tengah Bank Indonesia yang berlaku pada tanggal neraca.
2. Piutang
        Piutang disajikan sebesar nilai bersihnya setelah dikurangi dengan penyisihan untuk piutang tak tertagih.
3. Persediaan
        Persediaan barang dagangan dicatat dengan metode fisik dan dinilai  dengan metode Masuk Pertama Keluar Pertama.
4. Aktiva Tetap
        Aktiva tetap disajikan sebesar nilai bukunya: yaitu harga peroleh dikurangi dengan akumulasi penyusutan. Biaya pemeliharaan yang menambah umur aktiva tetap yang bersangkutan.
5. Pendapatan
        Pendapatan diakui berdasarkan stelsel akrual. Pendapatan diakui pada saat penyerahan hak atas barang dan jasa kepada pelanggan.

Kesimpulan: Kebijakan akuntansi merupakan keputusan yang dibuat oleh manajemen untuk menjembatani hubungan dengan teori akuntansi yang sedemikian luas dan praktiknya yang spesifik dalam sebuah organisasi. Kebijakan akuntansi seharusnya diterapkan secara konsisten dari tahun ke tahun agar menghasilkan kesamaan perilaku pada setiap informasi yang disajikan dari waktu ke waktu. 

No comments:

Post a Comment