Saturday, May 9, 2015

KONSEP DASAR AKUNTANSI
&
PELAPORAN KEUANGAN 
      Peranan Akuntansi sebagai alat bantu dalam pengambil keputusan ekonomi dan keuangan semakin disadari oleh semua pihak berkepentingan. Bahkan organisasi pemerintahan pun, sekarang ini sedang berupaya untuk menerapkan konsep-konsep Akuntansi pada pola manajemenya dengan tujuan pertanggung jawaban kegiataan tersebut.

*Pengertian dan Tujuan Akuntansi:
      1. Akuntasi sering disebut sebagai Bahasa Bisnis (Buniness Language), atau lebih tepatnya sebagai bahasa pengambilan keputusan. Semakin seseorang menguasai bahasa ini,maka akan semakin baik pula orang tersebut menangani berbagai aspek keuangan dalam kehidupannya.   
      2. Defenisi Akuntansi dapat dirumuskan melalui 2 sudut pandang, yakni: Defenisi & Sudut pandang pengguna jasa akuntasi dan Defenisi & Sudut pandang kegiataan lainnya.
      3. Apabila ditunjai dari sudut pandang jasa akuntansi, Akuntansi dapat didefenisikan sebagai suatu displin ilmu/aktivitas jasa yang menyediakan informasi yang diperlukan untuk melakukan kegiataan secara efisien dan mengevaluasi kegiataan suatu entitas & transaksi yang bersifat keuangan (Financial)

*Kegunaan Informasi Akuntansi:
      1. Membuat perencanaan yang efektif, sekaligus mengadakan pengawasan serta pengambilan keputusan ekonomi yang tepat oleh manajemen
      2. Penanggung jawaban entitas kepada Investor,Kreditur,dll
      3. Jika ditinjau dari sudut pandang proses kegiataan akuntansi dapat didefenisikan sebagai proses pencatatan, penggabungan, peringkasan, pelaporan dan penganalisan data keuangan suatu instalansi. 
      4. Dari situ itu bisa dilihat, bahwa Akuntansi merupakan kegiataan yang kompleks yang mengangkut berbagai macam kegiataan sehingga pada dasarnya Akuntasi harus:
- Mengindetifikasikan data mana yang berkaitan/Relevan dengan keputusan yang diambil.
- Memproses/menganalisa data yang relevan.
- Mengubah data menjadi informasi yang dapat digunakan untu😀k pengambilan keputusan.



No comments:

Post a Comment