Saturday, May 23, 2015

SEJARAH SINGKAT AKUNTANSI

       Permulaan akuntansi selalu dihubingkan dengan hasil kerja Luca Paciolo seorang ahli Matematika Renaissance Italia. Luca Pacioli merupakan sahabat dekat dan guru bagi Leonardo da Vinci. Dalam bukunya Summa De Arithmetica, Geometria, Proportione et Proportionalite, tahun 1494 Pacioli menjelaskan sebuah sistem untuk menjamin bahwa informasi keuangan dicatat secara efisien dan akurat. 

       Dalam sistem akuntansi ini dikenal dengan sistem akuntansi berpasangan di mana setiap transaksi selalu memengaruhi dua akun atau lebih dalam laporang keuangan, sebagai sisi debet dan sisi kredit. Cara ini tentu saja menjadi lebih kompleks dibanding dengan sistem pencatatan tunggal yang hanya berupa daftar transaksi. Namun demikian, pada tahun 1600-an baru mulai dikenal dengan Laporan Keuangan.

       Dengan kedatangan revolusi industri abad ke-18 dan kemudian bertumbuhnya industri besar, pemisahan pemilik dari manajer bisnis mulai terjadi. Akibatnya, kebutuhan atas pelaporan keuangan untuk perusahaan menjadi lebih penting, untuk meyakinkan bahwa manajer bertindak sesuai dengan keinginan pemilik. Juga, transaksi antara perusahaan menjadi lebih kompleks memerlukan peningkatan pendekatan untuk melaporkan informasi keuangan. 

       Dunia industri saat ini sudah memasuki abad informasi yang ditandai dengan banyaknya produk jasa informasi. Salah satunya adalah Jasa Informasi Akuntansi. Komputer telah mendorong lahirnya abad informasi ini.

       Sampai pada saat pasca- kemerdekan 1945, perusahaan- perusahaan Indonesia menggunakan tata buku yang merupakan sistem akuntansi versi belanda pada waktu itu. Akuntansi sangat luas ruang lingkup yang harus disajikan. Setelah tahun 1960-an, akuntansi cara Amerika mulai diperkenalkan di Indonesia. Sistem akuntansi ini sekarang dipakai dan konsepnya berkembang sesuai dengan tuntunan dunia usaha di Indonesia.


No comments:

Post a Comment