Monday, May 18, 2015

Macam- macam Defenisi Akuntansi.

   Secara umum Akuntansi merupakan suatu sistem informasi yang digunakan untuk mengubah data dari transaksi menjadi informasi keuangan. Proses akuntansi meliputi kegiataan mengidentifikasi, mencatat, dan menafsirkan, mengomunikasikan peristiwa ekonomi dari sebuah organisasi kepada pemakai informasinya. Proses akuntansi menghasilkan informasi keuangan. Semua proses tersebut diselenggarakan secara tertulis dan berdasarkan bukti transaksi yang juga harua tertulis.

Dari defenisi tersebut ada beberapa istilah pokok yang perlu diperhatikan:
1. Suatu sistem informasi : Sistem karena akuntansi diselenggarakan secara seragam melalui prosedur atau urut- urutan pekerjaanyang dilakukan berdasarkan suatu aturan yang ditetapkan terlebih dahulu untuk menangani transaksi yang terjadi berulang- ulang
2. Identifikasi : Melalui proses akuntansi kejadian- kejadian ekonomi dikenali karakteristiknya dan dikenali pengaruhnya terhadap kekayaan, utang, dan modal serta pendapatan dan biaya.
3. Mencatat/Merekam : Berdasarkan hasil indetifikasi atas peristiwa ekonomi yang sudah terjadi selanjutnya dilakukan pencatatan untuk merekam transaksi tersebut dalam sistem yang sudah disediakan.
4. Menafsirkan : Jika transaksi ekonomi sudah dicatat dan sudah dikumpulkan secara sistematis dalam bentuk laporan keuangan, maka secara sistematis akumulasi atau kumpulan tiap kelompok transaksi dapat memberikan makna untuk ditafsirkan. Misalnya: kalau jumlah utang Rp. 10,- dan jumlah modal Rp. 30,- maka dapat ditafsirkan bahwa perusahaan yang bersangkutan cukup sehat permodalannya. Karena tiap Rp. 10,- utang kepada pihak ketiga dapat dijamin dengan Rp.30,- modal sendiri.
5. Komunikasi : Proses akuntansi menghasilkan laporan keuangan yang menunjukkan rincian dan jumlah kekayaan, utang, modal pada akhir periode akuntansi. Selain itu, proses akuntansi juga menghasilkan laporan tentang jumlah pendapatan, biaya dan laba selama satu periode akuntansi. Laporan - laporan ini disampaikan kepada para pihak yang berkepentingan terhadap informasi tersebut untuk digunakan sesuai kebutuhan masing - masing.
6. Peristiwa ekonomi : Setiap kejadian yang memengaruhi kekayaan, utang, modal, pendapatan atau biaya perusahaan. Dalam ilmu akuntansi peristiwa ekonomi ini sering dikenal dengan istilah Transaksi. Termasuk transaksi adalah menjual, membeli, menerima uang, mengeluarkan uang, memakai kekayaan perusahaan dan lain- lain. Misalnya: Sebuah perusahaan menjual barang dagangan. Dari penjualan tersebut perusahaan memperoleh aliran dana dari hasil penjualan, dan menyerahkan barang dagangannya kepada pembeli. Perolehan tambahan aliran dana menambah kekayaan dalam bentuk kas dan menambah pendapatan sebagai bagian dari modal. Karena memengaruhi modal dan kekayaan sebagai unsur posisi keuangan maka penjualan tersebut disebut dengan Transaksi.
7.Organisasi : Yang termasuk dalam kategori organisasi adalah perusahaan, organisasi lain yang sehari- harinya mengola keuangan. Namun, selain organisasi formal, individu perorangan dapat saja mengorganisasikan kegiatan keuangannya dan kemudian menyelenggarakan akuntansi untuk mengomunikasikan informasi keuangannya dengan pihak lain.

No comments:

Post a Comment