Thursday, May 21, 2015

       TEORI AKUNTANSI

Selain adanya Kebijakan Akuntansi, ada pula yang dikenal dengan Teori Akuntansi. Namun apa yang dimaskud dengan teori akuntansi? Dan apa macam-macam teori akuntansi??
Kali ini blog ini akan membahas dengan apa itu tentang teori akuntansi dan macam-macam teori akuntansi. Sebelum kalian semua membaca blog ini ada baiknya kalian membaca blog-blog sebelumya. Nah, langsung saja yah ke penjelasannya!!! 
       
        Teori akuntansi dapat dibedakan sebagai Teori Normatif atau teori Positif. Teori normatif menjelaskan segala sesuatu tentang :"Bagaimana Seharusnya" dan Teori Positif menjelaskan tentang "Apa". Kedua konsep ini merupakan dua sisi pandang yang tidak dapat dipisahkan. Dalam dunia nyata, apa yang akan terjadi di masa datang selalu berdasrkan pada kejadian yang sebelumunya. Dalam pendekatan informasi akuntansi, akumulasi peristiwa yang terjadi saat ini akan berdampak inferensial, pada apa yang akan terjadi di masa yang akan datang.
       Teori Akuntansi : Menyediakan seperangkat prinsip dan hubungan yang dapat menjelaskan praktik yang teramati dan meramalkan praktik yang tidak teramati. Untuk mencapai sasaran dan tujuan ini teori akuntansi menyiapakan seperangkat kriteria yang dapat diadopsi secara konsisten sebagai atribut atas peristiwa- peristiwa ekonomi sehingga mudah mengenali pengaruh yang ditimbulkannya, dalam laporan keuangan. Dalam perjalanan waktu, peritiwa ekonomi dan atribut yang melekat pada tiap peristiwa dapat membentuk peristiwa empiris yang dapat keterjadiannya dengan fenomena lingkungan ekonomi dan monekonomi di sekitarnya.
       Teori yang diperlukan karena akuntansi memainkan peranan penting dalam masyarakat ekonomi. Kelompok masyarakat ini membutuhkan informasi yang berkaitan dengan makanisme pasar bebas dimana setiap orang dapat menentukan pilihan dalam melakukan aktivitas ekonomi berdasarkan informasi yang dimiliknya.
       Karena faktor- faktor ekonomi merupakan sumber daya yang sangat terbatas maka setiap perilaku ekonomi memerlukan pengukuran yang relevan dengan peralatan- peralatan teori yang teruji. Hasil implementasi teori akuntansi memberikan dampak pada kehandalan informasi yang dihasilkan untuk meramalkan prospek ekonomi di masa yang akan datang.
       Secara pragmatis, konsep-konsep dalam teori akuntansi diturunkan dalam standar Akuntansi Keuangan yang dapat dipilih sebagai patokan pembuatan kebijakan akuntansi dan diterapkan secara konsisten. Konsistensi ini diperlukan agar informasi akuntansi yang dihasilkan dapat memiliki nilai umpan balik dan nilai prediktif.

No comments:

Post a Comment