Sunday, May 24, 2015

TUJUAN MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN

Secara umum Laporan Keuangan dibuat dengan dengan tujuan untuk menyampaikan infomasi tentang kondisi keuangan perusahaan pada suatu saat tertentu kepada para pemangku kepentingan. Para pemakai laporan keuangan selanjutnya dapat menggunakaan informasi tersebut sebagai dasar dalam memilih alternatif penggunaaan sumber daya perusahaan yang terbatas. Namun, sejalan dengan perkembangan kepentingan kelompok pemakai informasi maka pelaporan keuangan diperluas dengan tujuan sebagai berikut:

1. Membuat keputusan investasi dan kredit. 
        Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan dapat digunakan sebagai dasar pertimbangan untuk membuat keputusan investasi atau keputusan kredit tanpa harus membuat lebih dari satu laporan untuk satu periode akuntansi.

2. Menilai prospek arus kas.
        Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan dapat digunakan untuk menilai potensi arus kas di masa yang akan datang

3. Melaporkan sumber daya perusahaan, klaim atas sumber daya tersebut, dan perubahannya
          Informasi yang disajikan dalam lapooran keuangan dapat menjelaskan tentang kekayaan perusahaan, kepemilikan atau pihak-pihak yang masih berhak atas sumber daya tersebut. Informasi yang disajikan juga dapat menjelaskan perubahan- perubahan yang terjadi atas sumber daya tersebut selama satu periode akuntansi yang dilaporkan.

4. Melaporkan sumber daya ekonomi, kewajiban, dan ekuitas para pemilik.

5. Melaporkan kinerja dan laba perusahaan.
        Laporan keuangan ini digunakan untuk mengukur prestasi manajemen dengan selisih antara pendapatan dan beban dalam periode akuntansi yang sama.

6. Menilai likuiditas, solvabilitas dan arus dana
        Laporan keuangan ini digunakan untuk untuk menilai kemampuan perusahaan melunasi utang jangka pendek, jangka panjang, dan arus dana.

7. Menilai pengolahan dan kinerja manajemen.
8. Menjelaskan dan menafsirkan informasi keuangan.

        

No comments:

Post a Comment